PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) WADAH MAHASISWA SEBELUM TERJUN KE DUNIA PENDIDIKAN

Malang (09/11) Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program rutin tahunan yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran Dan Praktik Lapangan (LP3L) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Pada semester Gasal tahun 2015 ini, sekitar 700 mahasiswa melaksanakan PPL di 61 sekolah, baik SMP dan SMA sederajat. Program yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama kurang lebih 10 minggu ini bertujuan untuk melatih calon mahasiswa terutama dari bidang keguruan dan pendidikan untuk terjun langsung sebagai pendidik agar kelak ketika lulus sudah mampu bersaing di dunia luar.

Salah satu sekolah yang menjadi wadah mahasiswa Unikama untuk melaksanakan PPL adalah SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG. Sekolah yang terletak tak jauh dari kampus Unikama ini menerima sebelas mahasiswa untuk melaksanakan PPL di tempatnya. Mahasiswa yang diterima untuk melaksanakan PPL diantaranya empat mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi, empat mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, dua mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika dan dua mahasiswa jurusan PPKN. Drs. Barmin, M.Pd selaku Kepala SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG menegaskan bahwa setiap tahunnya memang menerima mahasiswa Unikama untuk melaksanakan PPL di sekolah swasta dengan jumlah siswa terbanyak di Kota Malang ini. “Kami percaya pada mahasiswa Unikama bisa melaksanakan PPL dengan baik, karena memang setiap tahunnya mahasiswa yang PPL di sekolah kami bisa melaksanakan kepercayaan kami dengan baik pula” tutur kepala sekolah yang juga lulusan Unikama.

IMG_20151109_113258

Kegiatan PPL mahasiswa Unikama di SMP ISLAM MA’ARIF 02 Malang tak hanya kegiatan mengajar dikelas, tapi juga kegiatan Senyum, Salam dan Sapa (3S) di setiap pagi hari mahasiswa PPL menyambut siswa di depan gerbang. Kegiatan ini bertujuan agar siswa siap mengikuti pelajaran, siswa diberi semangat dan arahan apabila terdapat beberapa hal yang perlu disampaikan pada siswa misalnya kerapian berpakain. Mahasiswa PPL di SMP ISLAM MA’ARIF 02 mendapat masing-masing satu sampai dua kelas. Pada setiap kelasnya tentu mahasiswa PPL tidak hanya bertanggung jawab pada nilai pelajaran siswa tapi juga kepribadian siswa. Sesuai kurikulum yang di pakai di sekolah yaitu K13, tentu saja banyak ilmu dan pengalaman yang didapat mahasiswa PPL Unikama. “Mengahadapi siswa langsung di sekolah menjadi tantangan terberat kami, disini kami tidak hanya praktik mengajar tapi juga mendidik yang baik. Pihak sekolah sangat membantu kami dalam melaksanakan PPL ini” ungkap Mida, mahasiswa PPL dari jurusan Pendidikan Matematika.

Kegiatan PPL yang selama ini sudah dilaksanakan memberi pengalaman yang sangat penting untuk bekal lulusan Unikama saat terjun di dunia pendidikan nanti. Tentu saja tak lepas dari itu, kepercayaan dari pihak sekolah yang memberi kesempatan untuk praktik mengajar juga tak boleh disia-siakan. Dengan begitu lulusan Unikama nanti bisa dipercaya oleh sekolah manapun untuk dijadikan bagian dari sekolahnya. (md)

LP3L UNIKAMA

LEMBAGA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN PRAKTIK LAPANGAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *